Home

Memilih niche sebuah blog

Saturday, September 20, 2014

Niche atau bahasa simpelnya tema, sangat penting ditentukan diawal ngeblog (membuat blog). Andaipun niat kita cuma buat gaya-gayaan baiknya tema blog tetap ditentukan.

Tema akan memudahkan blogger membangun sebuah blog beserta personal brandnya.

Memilih niche/ tema blog cukup mudah tapi kitalah yang kerap mempersulitnya. Pilihlah tema dari bidang yang paling kita kuasai, misalnya seorang sarjana pendidikan alangkah baiknya membuat blog tentang pedidikan baik secara luas atau spesifik pada sub bidang tertentu, semisal membuat blog tentang "metode pembelajaran".

Bisa saja kita membuat blog gado-gado (temanya campur aduk). Nah biasanya blog2 seperti ini tidak peduli tentang personal brand, dan tulisannya kebanyakan copy paste atau saduran dari blog orang lain. Wajar saja dalam dunia blogging, sebab visi blogger satu dengan lainnya berbeda. Ada blogger yg visi utamanya pada monetize (penghasilan dari ngeblog), ada yang tujuannya untuk meningkatkan personal brand, dab ada juga ingin mendapatkan keduanya.

Intinya pilihlah niche dari bidang yang paling kita kuasai, jangan minder sebab sekecil apapun pengetahuan nilainya akan sangat besar bagi orang yang sedang membutuhkan. Misalnya, menurut anda cara menanak nasi itu sesuatu yang sepele tapi pengetahuan sepele itu bisa jadi sangat dibutuhkan seseorang di belahan bumi yg lain.

Semoga bermanfaat, mulailah menulis!

Labels:


Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Post a Comment

Archives