Home

Blog sebagai media bisnis online

Friday, August 14, 2015

Pekerjaan begitu sulit dicari, cobalah sesekali nongkrong di papan pengumuman kanto pos. Puluhan pencari kerja ngantri dengan wajah penuh harap, tapi lowongan yang tersedia itu ke itu saja, marketing, nyari nasabah dan sejenisnya.

Profesi sebagai marketing atau pencari nasabah bukannya jelek, tapi alangkah bagusnya jika kita mampu menjadi marketer usaha kita sendiri.

Usaha sendiri? Waduh gan.. Saya gak punya modal buat buka usaha. Berdasarkan pengalaman, ada usaha yang gak butuh modal besar gan.. Namanya bisnis online. Jujur saja saya sama sekali tidak punya toko di dunia nyata, tapi Alhamdulillah hampir setiap hari ada orderan barang dari seluruh pelosok nusantara, entah itu via sms atau telpon.

Apakah agan bisa penuhi orderan tersebut? Ya.. Semua orderan selalu saya selesaikan tepat waktu.

Tapi agan kan gak punya toko? Saya menjual kembali barang-narang di toko orang lain, jadi gak butuh modal buat sewa toko, gak butuh modal buat stok barang... Simpel kan.

Itulah kelebihan bisnis online, tanpa toko tanpa stok tetap bisa jualan. Modal di bisnis ini cukup sebuah media, dan saya sendiri memilih blog sebagai media bisnis online.

Secara pribadi saya menganggap blog itu adalah mall milik saya, orang lain boleh jualan disana dengan membayar sewa, atau saya sendiri yang akan menjual barang orang lain dan mengambil laba.

Apa saja yang cocok dijual di bisnis online? Semua barang bisa dijual secara online, gunakan insting, apa kira-kira produk yang mudah didapat di daerah kita namun sulit di tempat lain. Sebagi permulaan pilih barang yang kecil dengan bobot ringan dan bisa dikirim via jasa pengiriman apapun. Srbagai contoh coba menjual bros jilbab yang khas di daerah kita, atau jual souvenir dan lain lain.

Semoga bermanfaat...

Labels:


Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Post a Comment

Archives