Home

Membuat blog - platform - subdomain

Tuesday, August 11, 2015

Quote lanjutan... Setelah memahami niche/ tema dan solid tentangnya, langkah berikutnya membuat blog/ web. Pilih dulu platform yang akan ditunggangi ( blogger, worpress, tumblr, blogdetik, dll).

Banyak platform blogging dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara pribadi saya lebih menganjurkan blogger untuk memulai aktivitas online writter, namu bila kita ingin menekuni bisnis oline dengan visi jauh kedepan alangkah baik memulai di wordpress.

Blogger lebih mudah dipahami dan lebih murah dari segi penyematan domain ( jika berencana punya domain sendiri). Worpress menawarkan kelebihan dari segi plugin-plugin seo dan fleksibel jika kita ingin memindahkan data ke hosting berbayar.

Cara membuat blog di semua platform sama mudahnya, intinya buka main website blog tersebut, register, dan buat blog. Jadi gak perlulah tutorial mendetail tentangnya yah...

Memilih sub domain blog gratisan penting diperhatikan, bila kita ingin fokus pada personal brand maka sebaiknya usung brand tersebut menjadi subdomain, namun bila kita ingin lebih kearah seo friendly (populer di mesin pencari) maka buat sub domain dari kata-kata yang berhubungan dengan tema. Bisa juga kombinasi keduanya, semisal pringati-wisata.blogspot. com.

Setelah memilih tema, sub domain/ domain, dan membuat blog selesai maka kini waktu membuat content pertama. Biasakan konten pertama setiap membuat blog adalah "about us" atau tentang saya, atau tentang blog ini. Ngeblog sama halnya dengan membuat sebuah buku atau karya ilmiah yang umumnya diawali dengan kata pengantar.

Segera setelah posting pertama selesai, share blog tersebut ke social media. Jangan malu, karena ngeblog gak haram kok dan juga gak dilarang undang-undang. Okeh.. Next topik tentang optimasi blog berkaitan seo dan teknik penulisan blog.. Moga tulisan kali ini bermanfaat...

Labels:


Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Post a Comment

Archives