Home

Menulis artikel yang seo friendly dan enak dibaca

Wednesday, August 12, 2015

Akan sia-sia semua teknik seo tanpa konten (artikel) yang baik. Sebaliknya, konten bermutu bisa mengorbitkan sebuah blog menjadi artis dunia maya walau tanpa optimasi seo.

Menarik atau membosankan sebuah gaya tulisan tak bisa dinilai secara objektif. Banyak orang menilai gaya tulisan Andre Hirata keren tapi menurut saya biasa saja, itu merupakan bukti bahwa gaya penyajian sebuah tulisan tidak bisa diukur srcara objektif.

Jadi sebaiknya buang semua minder dan keraguan tentang kemampuan menulis. Semua kita bisa menulis, keren tidaknya sebuah tulisan itu sangat subjektif. Mungkin menurut si A tulisan kita sangat jelek, tapi menurut si B malah sebaliknya.

MEMBUAT ARTIKEL SEO FRIENDLY

1. Tentukan keyword (kata kunci) artikel yang akan ditulis. Dalam menetukan kata kunci bisa menggunakan tools (google keyword planer) atau keyword research pada bing webmaster tools, bisa juga dikreasikan sendiri berdasarkan perasaan. Pilihlah kata kunci yang sesuai dengan tema blog dan memang banyak dicari orang. Misalnya, tema blog kita mengenai makanan artikel pertamanya menargetkan keyword "cara membuat soto"

2. Sematkan keyword dalam artikel sewajarnya. Sebaiknya kata kunci tersebut ada di judul, paragraf pertama dan terakhir. Penempatan keyword yang berlebihan malah akan membuat orang malas membaca tulisan kita karena terlalu banyak pengulangan kata (frase).

3. Tulis artikel seolah sedang ngobrol dengan calon pembaca (visitors), sehingga mampu menciptakan nuansa tulisan yang hidup dan berinteraksi.

4. Gunakan cetak tebal atau miring seperlunya saja. Hanya sekedar menegaskan inti tulisan.

5. Buat tulisan yang komplet, simpelnya; pengunjung menemukan apa yang mereka cari (solusi).

6. Lebih baik to the point. Mukadimah yang panjang hanya akan membuat pembaca bosan.

7. Buat link ke halaman lain di dalam blog, misalkan dalam satu halaman blog kita membuat tuliasan tentang cara menghaluskan ketumbar, di halaman lain kita akan menulis tentang cara membuat soto dimana salah satu bumbunya adalah ketumbar, maka di artikel baru ini jadikan kata "ketumbar" menjadi link ke halaman cara menghaluskan ketumbar. Link-link seperti ini akan meningkatkan page view (jumlah halaman yg dilihat pengunjung).

8. Lengkapi tulisan dengan gambar atau video. Setiap menapilkan gambar selalu beri tag alt ( akan dijelaskan dilain kesempatan).

9. Baca dulu sebelum dipublikasikan, minimal kita sendiri megerti dengan apa yang kita tulis.

Semoga bermanfaat...

Labels:


Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Post a Comment

Archives