Home

Masih ampuhkah Free Web 2.0 Sebagai Dummy?

Monday, September 3, 2018
Perkembangan mesin pencari (terutama google) begitu pesar, update algo hampir terjadi setiap hari, sayangnya teknik SEO tidak demikian. Masih banyak blogger saat ini mengandalkan teknik SEO jadul terutama dalam hal link building. Kalau itu yang terjadi maka yakinlah aktivitas bloging terutama yang bisnisnya bergerak dibidang publisher akan stagnan atau bahkan menurun.

Menggunakan web 2.0 sebagai dummy sudah lama dilakukan, kegiatan ini hampir sudah ada sejak pertama kali author fokus sebagai publisher dengan media blog. Sekitar tahun 2008 hingga 2015 Dummy memang sangat bermanfaat untuk meningkatakan peringkat sebuah postingan di mesin pencari, tapi berangsur adanya perubagan algoritma google teknik dummy ini tidak bermanfaat, malah menurunkan pringkat (hingga deindex).

Perubahan algoritma google selalu menekankan sisi manusiawi, walaupun seluruh engine terdiri dari robot tapi senantiasa kemampuannya dibangun mendekati kecerdasan manusiawi yang memiliki feel (rasa). Jika sebuah blog terindikasi melakukan spaming baik dengan link building by comment spam, web 2.0 dummy spam, maka blog/ web tersebut akan dimasukkan ke kotak pasir google. Semua blog yangmasuk ke kotak pasir 80 % akan deindex permanen.

Masihkah web 2.0 dapat diandalkan sebagai dummy? secara pribadi author menjawa "masih", tapi dengan syarat berikut:
  1. Gunakan fresh web 2.0, jangan coba-coba lagi menggunakan zombie sebagai tier 1 - 2
  2. fresh web 2.0 harus dishare minimal di 6  social media, untuk mendapatkan social signal
  3. Fresh web 2.0 sebagai tier 1 cukup diberi backlink dari aktivitas social saja, commet, dan share ke social media.
  4. Zombie web 2.0 bisa digunakan sebagai tier 2 tapi harus memiliki artikel yang readable (terbaca dan bermanfaat).
  5. Jangan menganggap robot google itu manusia. 
Apa saja web 2.0 yang dimaksud? ex: blogger, tumblr, weebly, cabanova, webgarden, wordpress, carbonmade, dan lain-lain. List web 2.0 bisa search di google, sudah banyak yang menshare kok. Semoga tulisan singkat malam ini bermanfaat untuk kita semua.  

Labels: ,


Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Post a Comment

Archives