Home

Dasar-dasar optimasi blog

Wednesday, August 12, 2015

Sebelumnya kita telah membahas cara membuat blog, memilih platform, dan menentukan subdomain/ domain. Setelah kita membuat posting pertama dan mensharenya ke social media pada dasarnya itu sudah merupakan aktifitas seo building.

Perlu diterapkan setiap kali kita mencari teknik seo biasakan mencari teknik terbaru, sebab algoritma mesin pencari berubah dari waktu ke waktu. Dulu backlink yang banyak merupakan inti dari seo building, tapi sekarang bila itu yang kita terapkan pada sebuah konten online malah akan membuat blog tersebut dicampakkan dari mesin pencari karena dianggap spam activity.

Teknik seo (optimasi konten agar muncul di mesin pencari) tebaik dan paling awet adalah membangun konten blog yg bermutu serta memberi manfaat bagi pembacanya.

Salah satu yang saya pahami tentang algoritma mesin pencari saat ini adalah mereka merangking blog/ website berdasarkan time per visit, atau kata kata lainnya "berapa lama pengunjung betah membaca kontent kita" semakin lama time per visit ini maka semakin baik kualitas blog tersebut di mata mesin pencari. Jadi buatlah kontent semenarik mungkin sehingga pengunjung betah di halaman-halaman blog kita.

Selain time per visit tersebut ada juga yang disebut page loading time. Semakin cepat loading sebuah blog maka semakin baik kualitasnya di mata mesin pencari.

Oleh karena itu bila hendak memilih template, pilihlah template paling ringan, bila kita ingin menampilkan multimedia atau gambar maka kompres file gambar tersebut hingga berukuran kecil (ukuran file). Untuk kompres image ini banyak tools yang bisa digunakan, salah satu favorit saya adalah caesium ( software) dan fireshoot (adds on chrome dan mozila firefox).

Mobile friendly template, juga sekarang telah menjadi acuan bagi mesin pencari dalam merangking halaman-halaman online. Untuk itu usahakan membuat atau memasang template yang responsif. Kalau belum pandai membuatnya coba cari saja template responsif di google.

Selanjutnya social media signal, ini sangat berpengaruh bagi rank sebuah blog. Semakin banyak orang menshare blog kita ke social media maka semakin baik kualitas blog tersebut di mata mesin pencari.

Mungkin ada yg berfikir, ini bisa diakali nih.. Bikin akun sosmed banyak-banyak dan share. Cara seperti ini tidak akan berhasil, karena yang dihitung oleh mesin pencari adalah akun social media yg aktif kegiatan bersosialnya. Tentu akan sangat sulit mengelola ratusan akun-akun palsu agar terlihat aktif.

Mendaftarkan sitemap blog ke google webmaster tool dan bing webmaster tool. Caranya mudah saja, buka google dan bing webmaster tool, submit sitemap blog kita di sana. Untuk blogger sitemapnya adalah sitemap.xml, untuk tumblr sitemap1.xml. Ini merupakan kegiatan teknis yang harus dilakukan diawal-awal kita ngeblog.

Sebuah cara auto share ke facebook dan sangat ampuh untuk seo saya bagikan berikut ini: buka feedburner, burn feed blog kita disana, terus tekan next hingga selesai proses burn, di akhir buka tap socialize di feed burner tersebut, hubungkan dengan twitter, tekan tombol activate dan save. Selanjutnya buka twitter >>> setting >>> application >>> hubungkan dengan akun facebook.

Dengan cara diatas, setiap kita posting sebuah artikel maka secara otomatis akan di share ke twitter dan facebook. Cara ini legal sebab feed nurner sendiri adalah produk google.

Jika hal-hal diatas telah dilakukan dengan baik maka 75% pondasi blog telah tebangun dengan baik. Selanjutnya pekerjaan tinggal menulis dan posting artikel-artikel bermutu dan bermanfaat.

Itulah teknik seo paling dasar tapi harus dilakukan! Jika ingin tulisan kita dibaca banyak orang dan bertahan lama di mesin pencari. Semoga bermanfaat, next artikel tentang teknis membuat artikel online seo friendly dan enak dibaca.

Labels:


Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Post a Comment

Archives